Spinning Star With Falling Stars kimiakita036.blogspot.com: SILABUS

SILABUS

SILABUS

Nama Sekolah                                        : SMA
Mata Pelajaran                                      : KIMIA
Kelas/Semester                                    : XII/1
Standar Kompetensi                            :  2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu                                        :  2 x 45 menit
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
§ Persamaan reaksi redoks







§ Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron) dan perubahan bilangan oksidasi  (PBO)
   melalui diskusi kelas
§ Berlatih menyetarakan reaksi redoks



§ Menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron)
§ Menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO)
§Jenis tagihan
Tugas individu
Ulangan
§Bentuk instrumen
Tes tertulis

4 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja


§ Sel Volta













§ Aplikasi sel Volta dalam kehidupan

·     Merancang dan melakukan percobaan  sel volta  dalam  kerja kelompok di laboratorium
·     Berlatih menghitung harga E° sel









§ Melalui diskusi kelas menjelaskan prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)

§ Menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan
§ Menggambarkan susunan sel Volta atau sel Galvani dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya
§ Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel Volta
§ Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel Volta
§ Menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar

§ Menjelaskan prinsip kerja sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)

§Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap)  , laporan tertulis, Tes tertulis

6 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis

§ Reaksi elektrolisis







§ Korosi

§  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui kerja kelompok di laboratorium



§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui kerja kelompok di laboratorium

§ Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi melalui diskusi kelas
§ Mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui percobaan
§ Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada larutan atau cairan dengan elektroda aktif ataupun elektroda inert

§ Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
§ Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah  terjadinya korosi
§Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
§Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis

6 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek
2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
·    Hukum Faraday

§ Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis melalui diskusi kelas

§  Merancang dan melalukan percobaan tentang proses penyepuhan logam dalam kerja kelompok di laboratorium

§ Menjelaskan aplikasi sel elektrolisis dalam proses penyepuhan dan pemurnian logam di industri melalui diskusi kelas.
§ Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis

§ Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam

§ Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan

Bentuk instrumen
Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, Tes tertulis


8  jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Bahan/alat untuk praktek