SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Kompetensi dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ bahan/alat |
2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri | § Persamaan reaksi redoks | § Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron) dan perubahan bilangan oksidasi (PBO) melalui diskusi kelas § Berlatih menyetarakan reaksi redoks | § Menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron) § Menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO) | §Jenis tagihan Tugas individu Ulangan §Bentuk instrumen Tes tertulis | 4 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja |
| § Sel Volta § Aplikasi sel Volta dalam kehidupan | · Merancang dan melakukan percobaan sel volta dalam kerja kelompok di laboratorium · Berlatih menghitung harga E° sel § Melalui diskusi kelas menjelaskan prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll) | § Menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan § Menggambarkan susunan sel Volta atau sel Galvani dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya § Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel Volta § Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel Volta § Menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar § Menjelaskan prinsip kerja sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll) | §Jenis tagihan Tugas individu Tugas kelompok Ulangan §Bentuk instrumen Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis | 6 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja, Bahan/alat untuk praktek |
2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis | § Reaksi elektrolisis § Korosi | § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui kerja kelompok di laboratorium § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui kerja kelompok di laboratorium § Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi melalui diskusi kelas | § Mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui percobaan § Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada larutan atau cairan dengan elektroda aktif ataupun elektroda inert § Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan § Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi | §Jenis tagihan Tugas individu Tugas kelompok Ulangan §Bentuk instrumen Performans (kinerja dan sikap) , laporan tertulis, Tes tertulis | 6 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja, Bahan/alat untuk praktek |
2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit | · Hukum Faraday | § Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis melalui diskusi kelas § Merancang dan melalukan percobaan tentang proses penyepuhan logam dalam kerja kelompok di laboratorium § Menjelaskan aplikasi sel elektrolisis dalam proses penyepuhan dan pemurnian logam di industri melalui diskusi kelas. | § Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis § Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam | § Jenis tagihan Tugas individu Tugas kelompok Ulangan Bentuk instrumen Performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, Tes tertulis | 8 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja, Bahan/alat untuk praktek |